Media sosial jadi platform yang tepat untuk mengembangkan brand milikmu, Utopians. Tapi, apakah Utopians tahu bahwa beda media sosial, beda kepribadian brand? Hah? Bagaimana bisa? Di artikel kali ini, Mintale akan jelaskan bahwa tiap media sosial memiliki ‘karakter’ tersendiri, loh. Jadi, jika Utopians mau lakukan branding di media sosial untuk brand, kamu perlu mengetahui hal ini. Simak penjelasan berikut, ya!
1. Kepribadian Brand: Branding
Branding menjadi image yang melekat pada sesuatu, salah satunya adalah brand atau merek. Branding merupakan hal penting untuk membuat merek kamu lebih dikenal, loh. Hal ini terjadi karena tujuan dari branding adalah mendapat perhatian setelah membangun citra yang nantinya melekat pada merek kamu, nih. Jika perhatian sudah terarah pada merek kamu, audiens akan ‘mengenal’ dan menjadi customer merek kamu. Oleh karenanya, di dalam membangun image ini haruslah berhati-hati. Sebab jika salah langkah, image atau citra merek bisa salah diartikan pula.
Di dalam melakukan branding, ada berbagai cara, loh Utopians. Salah satunya adalah branding melalui media sosial. Hal ini menjadi langkah yang baik karena media sosial memiliki pengguna yang sangat variatif dan banyak. Jika audiens variatif dan banyak, kamu bisa mendapat target pasar sesuai dengan keinginan merek kamu.
2. Kepribadian Brand: Media Sosial
Di media sosial, Utopians bisa memanfaatkannya sebagai ajang ‘pamer’. Namun, hal ini bukan berkonotasi negatif, tapi justru positif. Bagaimana bisa? Jadi, melalui media sosial, Utopians akan menunjukkan citra merek kamu. Bisa melalui unggahan foto, bisa juga melalui unggahan video. Hal ini kemudian akan memancing orang lain untuk melihat apa yang merek kamu tawarkan. Jika sudah begitu, kamu bisa meningkatkannya, Utopians. Caranya adalah dengan mengunggah konten dengan konsisten. Tak perlu unggahan yang berbobot berat seperti video dengan kualitas tinggi, tapi kamu bisa mengunggah cerita atau konten interaktif supaya audiens lebih hafal dengan merek kamu. Namun, perlu kamu ketahui bahwa tiap media sosial memiliki perbedaan, loh.
3. Karakter Sesuai Media Sosial
Jadi, karakter atau kepribadian brand bisa berbeda untuk tiap media sosial, Utopians. Hal ini terjadi karena media sosial menyediakan berbagai macam fitur. Sebagai contoh, Instagram dan Twitter, dua media sosial ini sama-sama memiliki banyak pengguna. Meskipun demikian, dua media sosial itu berbeda satu sama lain. Sebab, di Instagram, mereka menyediakan fitur unggah foto, video, dan cerita harian. Lalu di Twitter, mereka menyediakan fitur cuitan, unggahan tulisan baik pendek ataupun panjang.
Lalu, ada juga media sosial TikTok. Di TikTok, mereka menyediakan fitur unggahan video. Di media sosial ini, kamu bisa menemukan banyak video yang dibagikan penggunanya. Entah itu video pendek, ataupun video dengan durasi yang panjang.
Karena hal tersebut, Utopians perlu memperhatikan kebutuhan brand kamu. Sesuaikan kepribadian brand dengan media sosial yang kamu pakai untuk branding. Jika kepribadian brand kamu adalah unggahan foto dan video yang aesthetic, media sosial Instagram cocok untuk merek kamu. Jika kepribadian brand kamu berfokus pada video saja, maka kamu bisa menggunakan media sosial TikTok. Lalu, jika kepribadian brand kamu adalah professional brand, ada juga, loh media sosial yang sesuai. Adapun media sosial itu adalah LinkedIn.
Karena banyaknya media sosial, merek juga harus menyesuaikannya. Jika kamu kesulitan di dalam menentukan kepribadian brand atau bingung dalam mengaturnya, kamu bisa meminta bantuan Tim Ourtale, loh. Dengan banyaknya jasa yang Tim Ourtale tawarkan, kami akan membantumu menyelesaikan masalah merek kamu, Utopians. Segera kontak Tim Ourtale, ya!
One Response