Di era online marketing, persaingan bisnis sangatlah ketat. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki Key Opinion Leaders atau KOL. Apa itu KOL? Dan apakah manfaat KOL untuk bisnis? Di artikel kali ini, Mintale akan menjelaskan pengertian dan manfaat KOL, nih Utopians. Tapi, tak hanya itu, ada juga tips untuk memilih KOL, loh. Jadi, simak penjelasan berikut, ya!
1. Pengertian Key Opinion Leaders
Key Opinion Leaders atau KOL adalah sebutan untuk seseorang yang memiliki pengaruh besar di dunia maya. Mereka memiliki pengaruh tersebut karena memiliki akun media sosial dengan banyak pengikut. Tak tanggung-tanggung, pengikut dari KOL bisa sampai jutaan pengikut, loh. Oleh karena itu, mereka dianggap sebagai orang yang gaya media sosialnya ‘wajib’ diikuti banyak orang.
2. Manfaat Key Opinion Leaders
KOL memiliki manfaat karena banyaknya pengikut mereka di media sosial. Untuk bisnis, KOL juga sangat bermanfaat, loh Utopians. Pertama, mereka bisa meningkatkan penjualan. Seorang KOL dianggap sebagai panutan oleh pengikutnya. Oleh karenanya, setiap barang, tempat, atau sikap mereka jadi tontonan para pengikutnya akan diikuti. Jadi, jika kamu memiliki bisnis, KOL bermanfaat untuk meningkatkan penjualan.
Kedua, citra dan kredibilitas brand kamu akan meningkat. Jika memiliki KOL, mereka akan melakukan promosi brand kamu. Karena mempromosikannya, semakin banyak orang akan tahu tentang brand kamu, nih. Jika semakin banyak orang tahu, engagement media sosial kamu juga bisa meningkat. Pengikut baru akan mulai berdatangan seiring dengan peningkatan penjualan.
Ketiga, kegiatan promosi brand kamu jadi lebih efektif. Jika memiliki KOL, kamu tak perlu buang-buang banyak biaya dan tenaga. Untuk biaya, kamu bisa menyesuaikan budget brand kamu di dalam memilih KOL. Lalu, untuk tenaga, kamu tak perlu sampai keluar ke event–event tertentu untuk mempromosikan brand kamu, sebab hanya perlu mengawasi kinerja KOL di media sosial saja.
3. Tips
Di dalam memilih KOL, ada beberapa tips yang bisa kamu pakai, nih Utopians. Tips pertama adalah lihat jenis KOL. KOL sendiri memiliki banyak jenis berdasarkan besar pengikutnya di media sosial. Level nano adalah KOL dengan jumlah pengikut 1000 sampai 50 ribu pengikut. Lalu untuk level mid, KOL dengan jumlah pengikut 50 ribu sampai 1 juta pengikut. Dan terakhir, level mega adalah KOL dengan jumlah pengikut sebanyak lebih dari 1 juta pengikut. Pastikan kamu lihat kebutuhan brand dengan KOL supaya budget promosi dapat diatasi.
Tips kedua, pastikan brand dan KOL selaras. Di dalam memilih KOL, kamu perlu perhatikan konten-konten mereka juga, nih. Apakah selaras dengan brand kamu atau tidak. Sebagai contoh, jika kamu memiliki brand tentang kecantikan, kamu harus mencari beauty influencer.
Tips terakhir adalah selalu pantau kinerja KOL. Lakukan koordinasi dengan baik, hal ini dilakukan supaya tak ada salah pemahaman antara brand kamu dan KOL. Jika hal ini sampai terjadi, efek yang ditimbulkan bisa membuat para pengikutnya akan salah memahami brand kamu, juga.
Di dalam dunia bisnis online, faktanya, KOL memiliki banyak manfaat untuk brand. Oleh karena itu, KOL jadi bagian yang begitu penting untuk perkembangan brand kamu. Jika kamu masih ada kendala dengan brand, kamu bisa hire KOL untuk brand kamu. Untuk itu, kamu bisa meminta bantuan Tim Ourtale, Utopians. Kami akan membantu mengatasi masalah brand kamu, nih. Jadi, segera hubungi Tim Ourtale, ya!
One Response