Kolaborasi Brand, Apakah Perlu Dilakukan? - Ourtale Blog

May 20, 2024

Di dalam berbisnis, kamu pasti mengharapkan adanya perkembangan, bukan? Jika begitu, ada salah satu cara yang banyak merek lakukan untuk mengembangkan bisnis, yaitu dengan kolaborasi brand. Tapi, apakah kolaborasi brand terbukti bisa mengembangkan bisnis? Apakah jika melakukan kolaborasi brand, ada manfaat yang bisa didapatkan? Untuk hal tersebut, Mintale akan jelaskan sebagai berikut. 

1. Kolaborasi Brand

Kolaborasi Brand, Apakah Perlu Dilakukan? - Ourtale Blog
Ilustrasi Kolaborasi Brand

Kolaborasi brand merupakan tindakan menggabungkan dua atau lebih merek. Penggabungan ini bukan hanya sebatas menggabungkan nilai saja, namun bisa juga memunculkan produk baru, hasil dari percampuran dua merek atau lebih. Dengan adanya percampuran ini, suatu brand akan mendapat hasil yang belum pernah mereka punya di kesempatan sebelumnya, nih Utopians. Sebab hal-hal baru bisa muncul ketika terjadi percampuran merek satu dan merek lainnya. 

Kolaborasi brand ini bisa melibatkan dua merek atau lebih. Namun, kebanyakan kolaborasi brand ini muncul di antara kolaborasi dua merek. Hal ini cukup membuat penggabungan merek menghasilkan sesuatu yang unik dan berbeda. Kenapa bisa begitu? Sebab antara satu merek dan yang lainnya memiliki perbedaan. Dan nyatanya, sebuah perbedaan ini tak bisa menghentikan sebuah merek untuk melakukan kolaborasi. Justru dengan adanya kolaborasi, mereka bisa menghasilkan sesuatu yang lebih menarik. 

2. Manfaat Kolaborasi Brand

Kolaborasi Brand, Apakah Perlu Dilakukan? - Ourtale Blog
Ilustrasi Manfaat Kolaborasi

Tapi, apakah kolaborasi brand itu perlu untuk dilakukan? Jika Utopians mau mengembangkan bisnis dan meningkatkan jangkauan target pasar, kolaborasi brand perlu untuk dilakukan. Hal ini terjadi karena ada begitu banyak manfaat yang bisa didapat melalui tindakan penggabungan merek, nih. Untuk itu, Mintale akan jelaskan di bagian selanjutnya, Utopians. 

Manfaat yang pertama adalah berbagi pengetahuan. Kolaborasi penting untuk dilakukan supaya merek kamu lebih mengetahui pengetahuan dunia bisnis merek lain. Saling berbagi pengalaman bisa membuatmu belajar, Utopians. Sebab melalui pengalaman, kamu bisa memetik pesan yang bisa kamu terapkan di merek kamu, nih

Manfaat selanjutnya adalah menarik lebih banyak pelanggan. Jika ada penggabungan dua merek atau lebih, para pelanggan dari merek-merek ini akan tergabung dan mencipta ketertarikan terhadap hasil penggabungan merek tersebut. Jika banyak orang yang antusias, pasar merek kamu akan semakin besar. Dan melalui hal itulah lebih banyak orang akan mengetahui apa yang merek kamu tawarkan, Utopians. 

Manfaat berikutnya adalah meningkatkan branding. Lebih banyak orang akan melirik brand kamu dan brand awareness milikmu akan meningkat. Kolaborasi brand akan memancing lebih banyak pasang mata untuk melihat merek kamu. Melalui hal itu, kamu bisa memanfaatkannya sebagai ajang unjuk diri brand. Sebarkan branding merek kamu seluas-luasnya sehingga peningkatan bisnis kamu bisa tercapai, Utopians. 

3. Contoh

Kolaborasi Brand, Apakah Perlu Dilakukan? - Ourtale Blog
Ilustrasi Contoh Kolaborasi Brand

Dari penjelasan itu, ada contoh beberapa kolaborasi yang sempat menarik perhatian, yaitu kolaborasi antara Oreo X Supreme. Makanan ringan Oreo menggandeng merek Supreme untuk berkolaborasi dan menghasilkan produk Oreo yang limited edition. Karena terbatas, banyak orang yang kemudian tertarik membeli dan mereka berlomba-lomba untuk merasakan snack edisi terbatas ini.

Selain kolaborasi itu, ada kolaborasi dari merek lokal juga, loh Utopians. Yaitu kolaborasi antara Wardah dan Garuda Indonesia. Wardah mengeluarkan alat makeup edisi keindahan alam Indonesia yang tampak melalui penerbangan maskapai terbesar Indonesia.

Karena ada banyak manfaat dan contoh kolaborasi antarmerek, kamu bisa memahami seberapa pentingnya hal tersebut, bukan? Adanya penggabungan merek penting untuk pengembangan bisnis, Utopians. Oleh karenanya, mulailah berkolaborasi dengan kami. Tim Ourtale siap bekerja sama dengan merek kamu. Dengan Tim Ourtale, merek kamu bisa mendapat bantuan profesional untuk semakin berkembang. Jadi, jangan ragu untuk segera kontak Tim Ourtale, ya!

Baca Juga

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *