KitKat menjadi brand cokelat besar yang memiliki banyak peminat. Beberapa waktu lalu, KitKat keluarkan iklan kreatif saat terjadi fenomena gempar di dunia digital, nih Utopians. Momen apa dan bagaimana iklan kreatif KitKat, hal itu akan Mintale bahas di artikel kali ini. Jadi, simak artikel berikut ini, Utopians!
1. Iklan Kreatif KitKat
KitKat terkenal dengan branding miliknya yang simple, namun melekat. Terbukti, warna ikonik brand dan logo mereka bisa dikenali dengan mudah oleh banyak orang. Meskipun simple, nyatanya branding KitKat ini memiliki strategi yang manjur, bukan? Jadi, di dalam melakukan branding, KitKat melakukan highlight produk mereka. Alhasil, produk cokelat itu tak hanya disukai karena rasanya, tapi juga cara kreatif mereka melakukan iklan produk.
Sebagai contoh, KitKat memiliki tagline, “Ada break, ada KitKat.” Tagline ini menjadi tagline pintar, sebab selain bermaksud menunjukkan bahwa produk mereka bisa dikonsumsi saat break atau istirahat. Namun juga menunjukkan bahwa untuk memakan produk KitKat, kita bisa “break“, yaitu memisahkan cokelat KitKat sebelum memakannya dengan cara mematahkannya. Bagaimana? Tagline yang simple, namun memiliki arti yang besar, bukan?
2. Iklan Kreatif KitKat: Riding The Wave
Selain tagline mereka, di dalam beriklan, KitKat juga memiliki strategi kreatif, loh. Caranya adalah dengan memanfaatkan momen. Iklan kreatif KitKat beberapa waktu lalu ditayangkan melalui media sosial, mereka memanfaatkan momen salah satu brand digital saat mengalami blue screen. Karena brand ini digunakan oleh banyak orang, alhasil banyak orang pula yang terdampak.
Selanjutnya, KitKat menjadikan momen ini sebagai peluang mereka. Caranya adalah dengan menjadikannya iklan kreatif KitKat. Melalui media sosial, KitKat mengunggah foto dengan tulisan, “Looks like your computer is taking this time to have a break, and so should you! KitKat anyone?“. Dengan background merah, warna ikonik KitKat, mereka mengunggah iklan produk itu. Karena unggahan itu, banyak orang yang merespon. Banyak orang menilai bahwa iklan KitKat relate karena bisa dirasakan oleh banyak orang.
3. Tips Iklan Riding The Wave
Dari contoh iklan kreatif KitKat, kita bisa melihat bahwa iklan riding the wave memiliki potensi lebih besar untuk menarik perhatian. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan beberapa tips ini untuk memperoleh iklan riding the wave. Tips pertama, kamu tentu harus melakukan riset. Cari tahu apa yang kini tengah banyak diperbincangkan. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur trending di media sosial, seperti Twitter, atau FYP di media sosial TikTok.
Tips kedua, kamu tak perlu mencari trend yang sejalan dengan produk kamu. Sebagai contoh, kamu memiliki produk fashion, kamu tak perlu harus mencari trend di bidang fashion. Explore sebanyak mungkin trend–trend yang ada di media sosial.
Tips ketiga, jangan pakai trend yang sudah terlalu banyak dipakai atau dibahas. Untuk tips ini, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan semua momen, namun saat suatu momen itu telah banyak dipakai, besar kemungkinan orang-orang sudah bosan mendengarkan. Jika overuse, audiens juga bisa merasa tak nyaman jika selalu bertemu dengan momen atau trend yang sama.
Itulah pembahasan iklan kreatif beserta tips yang bisa kamu pakai, Utopians. Jika kamu menemukan kendala, kamu bisa, loh konsultasi dengan ahlinya. Hubungi Tim Ourtale atau kunjungi Instagram kami, ya! Dengan itu, masalah brand kamu akan bisa terpecahkan.