Utopians perlu rencana untuk pemasaran brand? Di artikel kali ini, Mintale akan membahas digital plan untuk brand kamu, nih. Mintale akan jelaskan tahapan awal hingga akhir yang perlu kamu lakukan di dalam menyusun rencana brand kamu kedepannya. Jadi, simak artikel berikut ini, ya!
1. Digital Plan: Langkah Awal
Langkah awal yang perlu kamu lakukan dalam menyusun rencana digital adalah analisis, riset awal, dan penentuan tujuan. Kamu perlu melakukan analisis awal terhadap beberapa hal, nih Utopians. Analisis awal itu adalah penentuan target pasar, brand positioning atau penempatan brand supaya sesuai dengan pasar serta kompetitor bisnis kamu.
Caranya adalah kamu perlu mempelajari kompetitor bisnis kamu, bagaimana audiens mereka, pemasaran mereka, dan lain sebagainya supaya mendapat insight yang sesuai dengan brand kamu. Pastikan kamu memiliki audiens yang sesuai dengan kriteria umur, lokasi, minat, gender, serta perilaku online mereka supaya bisa menentukan bagaimana kamu nantinya membuat konten brand kamu.
Selanjutnya, kamu harus menentukan tujuan brand kamu. Tujuan itu meliputi bagaimana kamu menyebarkan brand awareness, target calon pelanggan potensial, interaksi brand, serta peningkatan penjualan brand kamu tiap bulan atau dalam kurun waktu tertentu, nih.
2. Digital Plan: Pembuatan Konten Digital
Rencana selanjutnya adalah pembuatan konten digital. Kamu perlu menyusun konten yang seperti apa. Contoh konten itu adalah artikel, gambar produk, konten UGC, konten storytelling, atau video pendek. Jika sudah ada rencana untuk penyusunan konten, kamu bisa menyusun tanggal pengunggahannya agar lebih terarah. Kamu juga perlu menyusun tema, kampanye brand, dan konsep konten yang akan kamu unggah. Lalu, sesuaikan konten sesuai dengan platform yang kamu gunakan. Kamu tidak bisa unggah konten yang sama untuk platform yang punya konsep berbeda. Sebagai contoh, konten platform LinkedIn berbeda dengan konten yang ada di TikTok.
3. Digital Plan: Analisis Engagement
Langkah selanjutnya, setelah konten terunggah, kamu bisa melakukan pengawasan. Gunakan tools digital untuk membantu kamu. Tools itu adalah tools SEO untuk menganalisis engagement artikel kamu, tools insight masing-masing platform, tools analytics milik Google atau yang lain, serta tools iklan digital untuk memantau perkembangan kampanye brand kamu.
4. Brand Improvement
Terakhir, setelah melakukan analisis, kamu bisa merencanakan improvisasi brand kamu. Lihat feedback audiens, penjualan brand, engagement konten kamu, dan lainnya. Jika kamu merasa perlu meningkatkannya, kamu bisa melakukan metode konten yang baru seperti rencana kolaborasi, perencanaan konten sesuai tren seperti AI, gamifikasi, serta AR.
Itulah tahapan dari penyusunan plan digital untuk brand kamu, Utopians. Jika kamu memiliki kesulitan di dalam menyusun rencana digital, kamu bisa meminta bantuan dari tim professional, Tim Ourtale, nih. Kamu bisa kunjungi Instagram atau hubungi langsung Tim Ourtale. Kami sediakan banyak jasa marketing yang tentu bisa membuat brand kamu menyelesaikan masalah yang kamu punya.