Bagi beberapa orang, tahun baru menjadi awal yang baru. Lalu, bagi pengusaha, tahun baru bisa menjadi awal yang baru pula bagi branding produk mereka. Di tahun yang baru ini, kamu bisa memulai branding baru, lho, Utopians. Lalu, bagaimana jika ingin memulai branding baru di tahun 2024?
Ada beberapa tips yang bisa kamu pakai dalam memulai branding baru untuk memperbaiki pemasaran produkmu. Di antaranya adalah berkaitan dengan profiling produk, strategi pemasaran, serta digital marketing. Mau tahu lebih lanjut? Yuk simak penjelasan berikut ini!
1. Membuat Wajah Baru Produk untuk Branding Baru
Tips pertama adalah memperbarui wajah atau identitas produk. Hal ini bisa dilakukan dengan pengkajian ulang nilai-nilai serta pesan-pesan dari produk yang kamu miliki. Apa saja, sih yang mau kita sampaikan ke customer? Dengan memahami hal tersebut, kita bisa menyelaraskannya dengan identitas produk kita.
Contoh dari wajah atau identitas produk adalah logo. Logo menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah produk. Pernahkah Utopians mendengar harga logo yang begitu fantastis? Hal tersebut sangat mungkin terjadi, loh. Adakalanya sebuah perusahaan rela mengeluarkan banyak uang untuk perbaikan logo mereka.
Menurut Hipwee, Pertamina pernah melakukan pergantian logo dengan mengeluarkan miliaran rupiah. Kenapa hal ini bisa terjadi? Alasannya adalah dalam pembuatan logo, diperlukan riset terlebih dulu. Penentuan logo baru juga tidak bisa dikerjakan dalam waktu singkat. Perlu adanya persetujuan klien terlebih dulu sebelum mencapai keputusan final.
Oleh karena itu, penentuan wajah produk harus dilakukan dengan hati-hati. Apalagi hal ini berkaitan dengan pemasaran produk dalam jangka panjang. Jika wajah baru produk telah ditentukan, maka bisa masuk ke tips yang selanjutnya.
2. Lakukan Campaign Produk untuk Branding Baru
Campaign produk adalah tips kedua. Jika ingin memulai branding baru, maka kita juga perlu melakukan pembaruan campaign produk. Hal ini dilakukan supaya promosi produk mengalami perkembangan. Contoh campaign produk yang baru adalah dengan mengikuti perkembangan zaman.
Saat ini, TikTok menjadi media sosial yang begitu populer. Ia tak hanya menyediakan hiburan saja, melainkan juga merambah ke dunia bisnis melalui TikTok Shop. Meski beberapa waktu lalu sempat tak tersedia, kini TikTok Shop kembali hadir. Jadi, inilah waktu yang tepat untuk mengembangkan bisnismu.
Di TikTok, kita tak hanya bisa lakukan promosi produk saja, melainkan juga bisa melakukan transaksi produk. Hal ini sangat menguntungkan karena ada tindak lanjut yang nyata akan promosi yang kita lakukan di TikTok. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan. Akan ada banyak persaingan di sana. Jadi, kita harus mencari cara kreatif untuk melakukan promosi. Caranya, bisa dengan rutin mengunggah konten, eksplorasi isi konten, serta coba tonjolkan hal unik dari produk yang kamu miliki.
3. Penguatan Promosi di Media Sosial
Tips ketiga adalah penguatan promosi di media sosial. Jika di tips kedua kita bisa memanfaatkan TikTok, dalam tips ini, kita akan merambah media sosial yang lain. Contohnya adalah di Instagram dan juga X.
Melalui Instagram, kita bisa memikat customer melalui narasi merek dan juga desain Instagram Feeds. Narasi merek bisa kamu pakai di Instastory, dengan menceritakan produk yang kamu punya. Pakailah bahasa yang unik! Apalagi saat ini, generasi millenials sering memakai istilah-istilah gaul. Dengan mengikuti zaman, produk kamu juga pasti akan bisa lebih berkembang.
Lalu, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi X. Twitter yang telah mengubah nama menjadi X, bisa menjadi ladang promosi, loh. Caranya adalah dengan membuat utas-utas tentang produkmu, apa hal menarik yang kamu tawarkan, serta apa keunggulan produkmu.
4. Memperhatikan Tren
Tips terakhir adalah selalu perhatikan tren. Lakukan riset tentang apa yang tengah jadi perbincangan hangat di media sosial. Jika kamu tahu tren yang tengah ramai diperbincangkan, cobalah untuk menerapkannya pada produkmu. Entah dengan memanfaatkannya di narasi merek atau pada caption postinganmu.
Mintale udah kasih tahu nih tips-tips apa saja yang bisa kamu manfaatkan untuk branding di tahun 2024. Yang paling penting, terus kembangkan ide-ide baru dan jangan hanya puas dengan apa yang telah produk kamu capai saat ini.
Dan satu lagi, jika Utopians butuh bantuan untuk mengembangkan bisnis, Tim OurTale siap membantu! Kami memiliki banyak pengalaman dan telah bekerja dengan banyak brand. Jangan lupa kontak Tim Ourtale atau cek Instagram, ya!