Ada banyak sekali cara yang bisa kamu pakai untuk menaikkan loyalitas customer, nih Utopians. Salah satu cara yang akan Mintale bahas di artikel ini adalah UGC atau User Generated Content. Lalu apa, sih User Generated Content itu? Dan bagaimana bisa dia jadi cara untuk menaikkan loyalitas customer? Untuk tahu penjelasannya, kamu simak penjelasan berikut ini, ya!
1. Mengenal User Generated Content
Di era digital marketing, Utopians pasti pernah dengar yang namanya User Generated Content. Jika belum pernah dengar, maka artikel ini sangat cocok untuk Utopians baca demi menambah pengetahuan tentang digital marketing. Jadi, User Generated Content merupakan salah satu marketing yang mengambil review dari konsumen.
Ketika brand kamu mendapat pelanggan, maka kamu bukan hanya menaikkan pendapatan saja, melainkan juga kesempatan untuk memperluas penjualan. Caranya adalah meminta review dari customer yang telah menggunakan atau membeli produk dari brand kamu. Hal ini sangat mudah ditemui di salah satu online shop terkenal, Shopee.
Sebagai contoh, Shopee menyediakan fitur untuk review barang pembelian. Ada icon bintang yang bisa kamu lihat untuk mengetahui kualitas barang dan kualitas toko. Tak hanya penilaian produk dan toko saja, tapi sekarang kamu juga bisa melihat penilaian lanjutan setelah beberapa saat menggunakan produk tersebut. Ketika kamu melihat fitur review ini, kamu bisa tahu kualitas barang yang telah pelanggan lain dapatkan. Apalagi jika kamu melihat penilaian lanjutan, maka kamu akan lebih tahu efek atau manfaat produk setelah beberapa hari atau bulan penggunaan. Melalui hal itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk menaikkan loyalitas customer, loh Utopians!
2. User Generated Content untuk Menaikkan Loyalitas Customer
Melalui review, kamu bisa memanfaatkannya untuk pemasaran produk kamu, Utopians. Caranya adalah dengan mengambil review, entah itu review berupa tulisan, gambar, atau bahkan video. Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial. Kamu bisa menyebarkan review tentang produk brand kamu ke media sosial. Hal ini bertujuan supaya orang lain semakin tahu kualitas asli dari produk kamu, Utopians. Cara ini disebut dengan User Generated Content atau UGC.
Konten yang dihasilkan nantinya adalah konten asli, penilaian langsung dari customer. Hal ini sangatlah berguna untuk menarik perhatian customer, loh Utopians. Bagaimana bisa? Ketika ada penilaian dari seseorang yang telah membeli atau menggunakan, secara tidak langsung orang lain akan ‘percaya’. Kata ‘percaya’ di sini bukan semata-mata langsung mempercayai begitu saja. Namun, ada langkah-langkahnya. Mintale akan jelaskan supaya Utopians akan semakin paham, ya!
Awalnya, seseorang akan membeli produk kamu, nih. Lalu, ketika produk telah sampai, mereka akan mengetahui kualitas produk secara langsung. Saat ini terjadi, kamu bisa meminta penilaian dari mereka atas produk kamu yang telah mereka beli itu. Kamu bisa tanya kualitasnya, kesan pertama dari produk kamu, dan juga pemakaian mereka. Saat mereka puas, kamu bisa mengunggahnya sebagai content marketing. Saat orang lain melihatnya, mereka akan tertarik dan melirik produk kamu, nih Utopians. Dan akhirnya, mereka akan membeli karena telah mengetahui penilaian langsung dari produk kamu melalui review dari orang lain.
Saat customer puas, maka penilaian mereka terhadap produk kamu akan meningkat. Sebagai gantinya, mereka akan jadi pelanggan yang selalu percaya pada brand kamu. Mereka akan kembali membeli produk kamu dan hal ini akan membuat loyalitas customer meningkat. Sebagai contoh, Tasya Farasya menjadi content creator untuk produk kecantikan yang dipercaya banyak orang. Hal ini berkaitan dengan Tasya Farasya yang selalu memakai produknya terlebih dulu. Dan setelah pemakaian itu, ia akan memberitahukannya pada pengikutnya di media sosial. Karena penilaian langsung ini, orang lain akan percaya pada brand kamu, Utopians.
3. Tips Penggunaan
Dalam penggunaan UGC, ada tips yang bisa kamu pakai, nih Utopians. Tips pertama adalah pastikan kualitas produk kamu. Ketika kualitas terjaga, maka kepercayaan customer akan semakin meningkat. Tips kedua adalah ketika meminta review, pastikan kamu highlight keunggulan dari produk kamu. Hal ini akan bermanfaat untuk menarik perhatian dari calon customer. Ketika mereka tahu keunggulan produk kamu, mereka akan tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut. Tips ketiga, pastikan customer telah menyetujui untuk membuat review mereka kamu jadikan content marketing, ya! Tips terakhir, pakai media sosial kamu untuk membangun citra baik produk kamu. Pakailah kata-kata yang tidak melebih-lebihkan, hal ini akan membuat calon customer tahu bahwa penilaian atau review tersebut adalah benar adanya.
Selain UGC, ada banyak cara lain juga, loh untuk menaikkan loyalitas customer. Tim Ourtale bisa membantu kamu dalam hal ini. Bisa dipastikan, brand kamu akan mendapatkan content marketing yang sangat menarik karena Ourtale telah bekerja sama dengan banyak sekali brand dan kualitas branding sudah tak diragukan lagi. Mau tahu lebih lanjut? Utopians bisa segera kontak Tim Ourtale atau kunjungi Instagram.