Game Bisa Dimanfaatkan untuk Promosi, Loh! Inilah Penjelasan Gamification - Ourtale Blog

January 22, 2024

Utopians pasti sudah tidak asing lagi, kan dengan yang namanya game? Game nyatanya tak hanya untuk hiburan saja, tapi juga bisa untuk media promosi, loh. Dalam hal ini, kita memanfaatkan game untuk menarik lebih banyak customer. Langkah awal yang dilakukan adalah menarik minat orang lain untuk mencoba permainan yang ditawarkan, sebelum akhirnya membuat brand kita diminati oleh lebih banyak orang.

Belakangan ini, semakin banyak ditemukan brand-brand yang memanfaatkan game untuk media promosi. Hal ini menandakan bahwa media promosi dengan menggunakan game memiliki banyak peminat. Dan hal tersebut, tentu akan sangat menguntungkan untuk kamu bila kamu juga mencoba media promosi yang tengah trending itu, bukan? Jadi, jika kamu tertarik, simak penjelasan berikut ini, ya!

1. Gamification

Game Bisa Dimanfaatkan untuk Promosi, Loh! Inilah Penjelasan Gamification - Ourtale Blog
Ilustrasi Gamification untuk Media Promosi

Pemanfaatan game untuk media promosi ini disebut gamification. Gamification ini menjadi salah satu strategi pemasaran yang cukup populer, Utopians. Kepopuleran strategi marketing ini dimulai di tahun 2010-an. Sejak tahun itu, semakin banyak perkembangan brand yang mulai menggunakan strategi pemasaran ini.

Konsep dari gamification ini adalah sebuah brand memanfaatkan sebuah permainan pada situs atau aplikasi mereka. Dalam permainan ini, mereka menambahkan beberapa hal penting, seperti rewards, yang membuat para pemain mendapat hadiah atas pencapaian mereka di permainan tersebut.

2. Cara Menggunakan Gamification

Game Bisa Dimanfaatkan untuk Promosi, Loh! Inilah Penjelasan Gamification - Ourtale Blog
Ilustrasi Konsep Gamification

Jika Utopians tertarik untuk menggunakan gamification, caranya adalah kamu mulai kembangkan konsep permainan yang berhubungan dengan brand milikmu, nih. Jadi, susun terlebih dulu konsep dari brand yang ingin kamu usung. Sebab, dalam gamification, kamu harus tambahkan elemen penting dari brand kamu, Utopians.

Setelah itu, kamu harus merancang permainan seperti apa dan reward apa yang akan para pemain dapatkan. Jangan rancang game yang terlalu rumit. Sebab bisa jadi, saat pemain bingung, mereka akan meninggalkan game tersebut. Jika semua hal itu telah dilakukan, selanjutnya kamu bisa mulai membuat game brand kamu.

3. Manfaat Gamification

Game Bisa Dimanfaatkan untuk Promosi, Loh! Inilah Penjelasan Gamification - Ourtale Blog
Ilustrasi Manfaat Gamification

Gamification ini memiliki banyak manfaat, loh Utopians. Pertama, kamu bisa menambah kesan positif pada citra brand kamu. Hal ini dilihat orang lain melalui konsep permainan yang kamu pakai. Ketika permainannya menyenangkan, maka penilaian orang-orang terhadap brand kamu juga pasti akan positif.

Kedua, gamification bisa meningkatkan loyalitas customer. Kenapa demikian? Jadi, ketika game milikmu jadi hiburan yang baik, mereka akan terus memainkannya. Untuk mencapai hal tersebut, tentu kamu harus memikirkan rewards yang sesuai. Sarana hiburan yang menyenangkan akan menarik lebih banyak peminat.

Contohnya, game dari Shopee yang sempat jadi trending di tahun 2023, yaitu game Shopee Cocoki. Dalam permainan ini, tingkat kesulitannya tinggi. Namun hal tersebut justru menjadi daya tariknya. Jadi, para pemain semakin tertarik dengan game ini karena mereka penasaran akan game tersebut. Ditambah lagi, mereka akan mendapat rewards yang menarik saat memenangkan game tersebut, seperti puluhan ribu koin dan juga voucher belanja.

Menarik, bukan? Game rupanya tak hanya bisa menghibur para pemainnya. Tapi juga bisa membuat sebuah brand meningkatkan brand awareness atau bahkan bisa sampai meningkatkan penjualan. Jika Utopians tertarik, kamu juga bisa, loh punya game untuk brand kamu. Yuk, segera kontak Tim Ourtale untuk hal tersebut! Tim Ourtale bisa membantumu membuat game, nih!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *