Utopians alami masalah bisnis yang kurang berkembang? Kamu bisa pakai cara promosi kreatif untuk kembangkan bisnismu, loh! Kalau kamu pakai cara ini, bisnismu ga akan stuck di situ-situ saja. Bagaimana caranya? Mintale akan jelaskan cara supaya bisnis kamu semakin berkembang dengan lakukan promosi kreatif berikut ini.
1. Promosi Kreatif Guess Posting
Postingan di media sosial jadi salah satu cara yang akan menarik perhatian para calon customer. Jika ingin menarik banyak perhatian, kamu perlu gunakan jurus caper, nih Utopians. Cara ini dilakukan dengan buat calon customer bertanya-tanya dan merasa penasaran. Jika sudah begitu, maka mereka akan terus ikuti perkembangan dari brand kamu, tuh!
Supaya calon customer merasa penasaran, kamu bisa pakai cara guess posting. Jadi, ketika kamu buat sebuah produk baru atau campaign baru, kamu bisa posting hint terlebih dulu, nih Utopians. Biarkan para pengikut atau calon customer kamu menebak-nebak. Jika banyak yang tertarik, maka engagement kamu akan meningkat, juga, bukan?
Contoh guess posting adalah guess posting pemeran film ‘The Architecture of Love’. Sebelum nama pemeran utama diumumkan, mereka unggah hint poster terlebih dulu. Caranya adalah dengan membuat postingan ‘umpan’ supaya menarik perhatian orang-orang. Setelah buat penasaran, film ini pun akhirnya lakukan cast reveal. Dan mereka sukses tarik perhatian lagi karena pemeran utama merupakan aktor dan aktris terkenal, yaitu Nicholas Saputra dan Putri Marino.
2. Promosi Kreatif Kompetisi Media Sosial
Kompetisi media sosial pasti sering kamu temukan, bukan? Cara ini jadi cara promosi kreatif yang buat banyak orang tertarik. Dalam hal ini, brand kamu bisa adakan kompetisi di media sosial dengan menampilkan hadiah yang menarik. Hadiah atau rewards yang menarik akan buat semakin banyak orang mengikuti kompetisi yang kamu adakan, nih.
Contohnya, Tokopedia sering adakan kompetisi di media sosial Twitter. Mereka adakan giveaway barang yang mengharuskan para pengikutnya mengikuti beberapa rules. Jadi, aturan kompetisi dibuat, seperti harus tinggalkan komentar, repost, atau like suatu postingan. Hal ini akan bermanfaat bagi konten media sosial kamu karena bisa meningkatkan engagement.
3. Promosi Kreatif Konten Interaktif
Konten interaktif jadi cara promosi kreatif selanjutnya, Utopians. Konten interaktif ini sangat bermanfaat untuk menjalin kedekatan dengan para customer. Ketika ada interaksi, citra brand akan semakin naik seiring dengan loyalitas customer yang juga meningkat.
Kamu bisa manfaatkan fitur media sosial Instagram. Contohnya, fitur Story yang sediakan QnA, rate emoji, fitur pilihan, dan lain sebagainya. Fitur-fitur itu akan buat konten kamu berkualitas. Namun, kamu juga perlu perhatikan beberapa hal, nih Utopians. Perhatikan juga tren di media sosial untuk hasilkan konten yang riding the wave.
4. Partisipasi Event Lokal
Tak hanya cara online saja, kamu juga bisa kembangkan bisnis kamu melalui acara offline, Utopians. Caranya adalah dengan partisipasi event lokal di sekitar kamu. Ikutilah bazar atau acara lokal lain untuk memperkenalkan bisnis kamu secara langsung ke calon customer.
Contoh bazar di industri pakaian yang terkenal adalah Jakcloth. Acara ini menghadirkan serangkaian bazar pakaian dari berbagai brand lokal. Dengan berpartisipasi melalui acara lokal, brand kamu akan semakin dikenal oleh banyak orang.
Selain cara di atas, ada banyak cara lain, loh Utopians. Kalau kamu mau cara lain untuk kembangkan bisnismu baik secara online atau offline, kamu bisa kontak Tim Ourtale. Kami akan bantu kamu untuk kembangkan bisnismu. Jadi, pastikan kamu kontak Tim Ourtale, ya!