Sebelum Gunakan Facebook Ads, Siapkan Hal-Hal Ini! - Ourtale Blog

August 18, 2024

Pengiklanan memiliki banyak cara, apalagi di masa digital seperti saat ini. Facebook Ads, jadi salah satu cara pengiklanan produk yang dikenal oleh banyak orang, nih. Tapi, apakah kamu tahu bahwa ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan pula sebelum menggunakan Facebook Ads? Untuk itu, Mintale akan jelaskan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan dan dipelajari sebelum menggunakan iklan Facebook berikut ini. 

1. Facebook Ads: Tujuan Iklan

Sebelum Gunakan Facebook Ads, Siapkan Hal-Hal Ini! - Ourtale Blog
Ilustrasi Tujuan Iklan

Pertama, sebelum menayangkan iklan, pastikan kamu telah mempelajari brand kamu, nih. Cari tahu tujuan kamu menayangkan iklan digital. Adapun tujuan penayangan ini memiliki banyak macam, seperti meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan, meningkatkan engagement, dan lain sebagainya. Untuk itu, perlu dilakukan pemahaman tujuan iklan terlebih dahulu supaya target penayangan iklan tepat sasaran. 

2. Facebook Ads: Target Pasar

Sebelum Gunakan Facebook Ads, Siapkan Hal-Hal Ini! - Ourtale Blog
Illustrasi Target Pasar

Berikutnya, selain tujuan iklan, kamu juga perlu menentukan target pasar. Pelajari target pasar brand kamu dulu, Utopians. Hal ini penting untuk dilakukan agar penayangan iklan tidak tersebar secara sembarangan. Jika hal ini terjadi, maka bisa jadi tujuan iklan tidak bisa terpenuhi. Demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, kamu perlu menyusun strategi. Pahami target pasar brand kamu, apakah menyasar usia tertentu, orang-orang lokasi tertentu, atau orang-orang dengan hobi tertentu, dan sebagainya. 

3. Facebook Ads: Format Iklan

Setelah itu, kamu perlu mempersiapkan format iklan. Mulai dari konsep, desain, hingga copywriting, perlu kamu siapkan sebelumnya. Pastikan kamu menggunakan bahasa iklan yang efektif, ya. Hindari penggunaan kata-kata tidak efektif yang nantinya membuat audiens tidak bisa mengetahui isi pokok iklan kamu. Penting untuk kamu persiapkan copywriting yang sesuai, jangan lupa untuk menyertakan call to action juga supaya audiens bisa tahu apa yang harus mereka lakukan setelah melihat iklan brand kamu. Untuk konsep dan desain, kamu juga perlu mempersiapkannya agar tidak salah pilih. Gunakan konsep dan desain yang dekat dengan brand kamu, seperti pemilihan warna, desain grafis, atau elemen-elemen gambar yang sesuai. 

4. Pembayaran Iklan

Sebelum Gunakan Facebook Ads, Siapkan Hal-Hal Ini! - Ourtale Blog
Ilustrasi Pembayaran Iklan

Terakhir, kamu perlu mempersiapkan budget. Iklan Facebook memiliki jenis yang bisa disesuaikan dengan anggaran yang kamu punya. Jadi, kamu tidak perlu risau dengan budget iklan yang bisa jadi memiliki tingkat dana yang besar. Melalui pemilihan jenis iklan ini, bisa disesuaikan dengan kebutuhan tayangan iklan yang kamu miliki. Untuk pembayarannya, kamu bisa menggunakan kartu debit, kredit, atau pihak ketiga di dalam melakukan top up dana di akun Facebook Ads kamu. 

Nah, itu dia hal-hal yang perlu kamu persiapkan sebelum akhirnya menggunakan Facebook Ads, Utopians. Pastikan kamu mempersiapkan hal-hal itu supaya penayangan iklan berjalan lancar, ya. Jika kamu memiliki persoalan marketing, kamu bisa, loh menghubungi Tim Ourtale. Kami menawarkan berbagai jasa marketing, jadi segera hubungi Tim Ourtale, Utopians!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POSTS