Iklan Gamifikasi: Sebuah Trik Ads Campaign - Ourtale Blog

February 20, 2025

Utopians mau membuat iklan yang unik dan kreatif untuk menarik banyak pelanggan? Iklan itu adalah iklan gamifikasi. Iklan ini memuat promosi yang unik karena bisa sekaligus menghibur customer kamu, nih. Jika banyak orang terhibur, mereka akan tertarik dengan konsep iklan kamu yang nantinya akan meningkatkan peluang pembelian. Untuk tahu lebih lanjut bagaimana trik iklan ini, simak artikel berikut ini, Utopians! 

1. Iklan Gamifikasi: Promosi Menarik

Iklan Gamifikasi: Sebuah Trik Ads Campaign - Ourtale Blog
Ilustrasi Gamifikasi

Gamifikasi sering ditemukan untuk promosi iklan games. Namun, trik promosi ini juga bisa digunakan secara fleksibel untuk brand lain, loh. Sebagai contoh, kamu pasti sudah sering mendengar gamifikasi Google, bukan? Mereka menyediakan fitur menarik, seperti mini game ketika sedang ada masalah jaringan atau tampilan interaktif ketika kamu mencari kata kunci tertentu. Nah, dari contoh ini, banyak orang yang akhirnya penasaran dan membuktikan bahwa tampilan interaktif itu memang benar ada atau tidak.

Jika banyak orang penasaran dan akhirnya mencoba, engagement brand akan bertambah. Dan konsep ini tentu bisa menjadi inspirasi untuk brand kamu di dalam membuat iklan promosi, Utopians. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian banyak orang terlebih dulu supaya mengenal produk atau brand kamu. Dan tentu, nantinya kamu akan mendapat pelanggan baru dan bisa meningkatkan peluang penjualan. 

2. Iklan Gamifikasi: Cara Kerja

Iklan Gamifikasi: Sebuah Trik Ads Campaign - Ourtale Blog
Ilustrasi Gamifikasi

Adapun cara kerja gamifikasi untuk iklan brand adalah kamu bisa membuat iklan interaktif, mini games, VR, AR, dan masih banyak lagi. Mintale akan jelaskan beberapa contoh tersebut. Untuk iklan interaktif contohnya adalah kamu memasang iklan yang bisa dimainkan oleh penonton iklan kamu. Untuk mini games kamu bisa membuat permainan di laman website brand kamu untuk menghibur pelanggan ketika tengah menunggu proses loading atau bisa dimainkan untuk hiburan. 

Selanjutnya untuk VR, kamu bisa membuat sistem permainan yang menghadirkan realitas baru sehingga customer bisa langsung mencobanya. Cara yang satu ini bisa kamu manfaatkan ketika melakukan promosi offline semacam pop-up store, nih. Lalu, jika kamu mau promosi online, apakah ada caranya? Jawabannya adalah melalui AR. AR bisa dirancang seperti menghasilkan game di filter Instagram, TikTok, dan lainnya. Jadi, audiens kamu bisa mencoba filter gamifikasi brand kamu secara online, nih

3. Trik Iklan

Iklan Gamifikasi: Sebuah Trik Ads Campaign - Ourtale Blog
Ilustrasi Gamifikasi

Terakhir, trik gamifikasi untuk iklan brand. Trik yang bisa kamu pakai adalah tidak perlu membuat game yang rumit. Bisa cukup dengan game simple, yang menghadirkan identitas brand kamu secara jelas. Game simple ini nantinya juga bermanfaat, loh. Bagaimana bisa? Jika gamifikasi dibuat dengan simple, banyak audiens yang bisa menikmatinya. Mulai dari audiens berdasarkan usia, berdasarkan kompatibel perangkat mereka, dan lainnya. 

Nah, itu dia trik iklan yang bisa kamu pakai seputar gamifikasi. Jika kamu tertarik untuk membuat gamifikasi untuk promosi atau yang lainnya, kamu bisa, loh menghubungi Tim Ourtale. Kami akan membantu kamu dalam membangun promosi gamifikasi brand kamu. Jadi, segera hubungi Tim Ourtale, ya!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POSTS