A black board with text spelled UMKM means Usaha Mikro Kecil dan Menengah in Bahasa Indonesia or small business in English.

August 4, 2023

CARI TAHU DULU JENIS-JENIS CREATIVE AGENCY!

Menurut Utopians, bisnis yang seperti apa sih yang membutuhkan jasa creative agency? Bisnis yang udah bisa ekspor? Start up yang udah unicorn? Apakah hanya bisnis skala besar saja yang membutuhkan creative agency?

Seiring dengan berkembangnya suatu bisnis, tentu bertambah pula kebutuhan dan tanggungjawabnya. Peran creative agency pada bisnis skala besar adalah untuk menjadi third party. Jasa creative agency yang digunakan akan menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan pasar.

Lalu apakah small business atau UMKM belum membutuhkan creative agency? Kalau menurut Ourtale justru perlu banget! Alasannya adalah pemerintah Indonesia mencanangkan program UMKM Go Digital untuk mendorong kemajuan UMKM. Gerakan digitalisasi ini akan membawa dampak yang manfaat yang baik bagi UMKM, yaitu kemudahan transaksi, marketing channel yang lebih luas, sehingga dapat meningkatkan pendapatan bisnis. Pemerintah menargetkan sebanyak 30 juta UMKM dapat digitalisasi pada tahun 2030. 

Namun, faktanya baru 30% UMKM yang memanfaatkan teknologi digital untuk usahanya. Wah, sayang sekali ya Utopians. Hal tersebut terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah kurangnya pengetahuan teknologi di Indonesia. 

Dari penjelasan di atas, Utopians tentunya jadi tahu kan kenapa semua bisnis perlu creative agency, terutama small business. Creative Agency bisa bantu tingkatkan usahamu melalui teknologi dan ide-ide kreatif! Nah, sebelum kamu memutuskan menggunakan creative agency, cari tahu dulu mengenai jenis-jenis layanan yang ditawarkan. 

  1. Layanan periklanan (advertising services)

Adanya creative agency dapat membantu para pelaku usaha mempromosikan dan meningkatkan produk jasanya. Promosi yang kreatif dapat menarik pelanggan baru dan meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada.

Beberapa layanan yang ditawarkan oleh layanan periklanan adalah:

A. Riset pasar (market research)

Layanan periklanan akan menganalisis tren pasar dan fokus untuk mencari tahu apa yang diharapkan pelanggan dari suatu produk dan merek serta layanannya saat ini.

B. Strategi branding (creation of branding strategies)

Pada strategi branding, layanan periklanan menggunakan riset pasar untuk membantu para pelaku bisnis mengembangkan strategi yang akan mendapatkan lebih banyak eksposur untuk bisnis, produk, dan layanan mereka. Strategi branding ini dapat membantu meningkatkan branding mereka.

C. Produksi iklan (production of advertisements)

Iklan dibuat berdasarkan riset dan strategi. Layanan periklanan dapat menghasilkan banyak jenis iklan, termasuk iklan majalah, televisi, dan radio untuk mempromosikan produk atau layanan para pelaku bisnis secara efektif.

D. Penempatan iklan (placement of advertisements)

Setelah membuat iklan, langkah selanjutnya adalah pemasangan iklan. Layanan periklanan menyediakan tempat untuk memasang iklan, seperti di majalah, surat kabar, radio atau televisi. 

2. Layanan konsultasi (consulting services)

Nah, jika Utopians sedang bingung bagaimana cara mengembangkan strategi kreatif untuk bisnis kamu. Layanan konsultasi adalah jawaban yang tepat. Di layanan konsultasi kamu dapat menanyakan mengenai digital marketing.

Pada umumnya, layanan konsultasi menggunakan data klien dan riset pasar sebagai strategi mereka untuk mencari peluang terbaik. Layanan konsultasi menggunakan wawasan untuk strategi ekspansi ke pasar baru, termasuk pengembangan produk. Berikut hal-hal yang dapat kamu konsultasikan dengan creative agency:

A. Expansion into new markets

Layanan konsultasi menggunakan riset pasar dan data kinerja produk atau layanan klien dan dapat membantu bisnis mengetahui bagaimana klien dapat memperluas basisnya dan berkembang secara menguntungkan.

B. Increasing sales and revenue

Layanan konsultasi juga akan membantu klien mengembangkan strategi yang meningkatkan keuntungan dan mengurangi biaya operasional.

C. Launching new products or services

Berdasarkan riset pasar, layanan konsultasi akan memandu klien tentang produk atau layanan baru yang diinginkan pelanggan dan cara membawanya ke pasar.

D. Improving operations and processes

Layanan konsultasi mengevaluasi proses klien untuk mengidentifikasi operasi yang lebih efektif dan efisien, termasuk pengembangan, produksi, layanan pelanggan, dan logistik. 

3. Layanan desain (design services)

Selanjutnya, ada layanan desain. Layanan desain akan berfokus pada tampilan merek, produk, dan layanan. Layanan desain memberikan hasil desain grafis yang mewakili dan mencerminkan brand klien atau brand tone. Layanan desain tentunya membuat produk, jasa, dan customer service menjadi lebih menarik.

Cek layanan desain oleh Ourtale Indonesia di sini!

Layanan desain harus memahami dan menerapkan pedoman  atau branding guidelines dari klien dan memastikan bahwa estetika desain konsisten dan detail. 

Adapun layanan yang ditawarkan antara lain:

A. Desain digital (digital design)

Layanan desain akan membuat layouts desktop untuk situs web pemasaran.

B. Desain cetak (print design)

Layanan desain juga membuat layout dan detail desain untuk iklan cetak seperti katalog dan poster.

C. Desain branding (branding design)

Layanan desain menciptakan elemen visual yang menentukan identitas merek, termasuk logo, tipografi, dan packaging.

D. Desain produk (product design)

Layanan desain juga merancang desain produk agar tampak lebih menarik dan sesuai tren tanpa menghilangkan fungsi produk tersebut.

4. Layanan digital (digital services)

Selain layanan iklan Utopians, creative agency dapat melengkapi penawarannya dengan dukungan teknis, misalnya untuk layanan pemasaran yang membutuhkan layanan digital.

Layanan digital membantu klien dalam menggunakan teknologi untuk berinteraksi dengan pelanggan. Layanan ini menawarkan pengalaman baru dan meningkatkan visibilitas, baik dalam meningkatkan situs web, aplikasi, atau outlet lainnya. Berikut layanan digital yang umumnya di tawarkan:

A. Social Media Management

Layanan digital creative agency yang cukup populer saat ini adalah pengelolaan sosial media. Sebagai suatu platfform UGC atau User Generated Content, promosi akan terasa lebih relevan dengan target audiens. Selain itu, konten sosial media juga dapat mendekatkan brand dengan audiens melalui interaksi. 

B. Meta Ads

Tren analitik saat ini adalah melalui Meta Ads setting. Meta Ads terhubung dengan beberapa platform, yaitu Instagram, Facebook, dan WhatsApp Business. Melalui Meta Ads, pemasangan iklan dapat disesuaikan dengan karakteristik target audiens yang menjadi calon customer produk. Ads setting ini juga dapat disesuaikan berdasarkan jenis konten yang akan dijadikan media promosi.

C. Website development

Memiliki landing page merupakan salah satu wujud digitalisasi sebuah bisnis. Creative agency dapat membantu pelaku usaha untuk mengembangkan website, beserta pengelolaannya seperti mengumpulkan data yang berisi including click-through rates dan konversi yang menggambarkan keterlibatan audience. 

D. Digital signage

Layanan digital juga memungkinkan pembuatan iklan yang innovative outdoor menggunakan teknologi.

Nah, kalau kamu adalah salah satu dari pelaku usaha UMKM. Sekarang saatnya kamu gunakan jasa creative agency! Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi jasa-jasa yang ditawarkan creative agency. Untuk tahu lebih lanjut mengenai pelayanan creative agency, Utopian bisa konsultasikan kepada Ourtale. 

Konsultasikan bisnismu sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *