Utopians mengalami kendala di dalam mengelola tim marketing? Mintale punya tips kelola tim marketing, nih. Jadi, di artikel kali ini, Mintale akan menjelaskan apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengelola tim marketing. Hal ini penting untuk dibahas karena di sebuah brand, tim marketing memegang peranan untuk mengelola langsung pemasaran brand. Jadi, kamu perlu untuk mengerti cara paling efisien supaya tim marketing brand kamu jadi lebih terarah. Selengkapnya, baca artikel berikut ini, ya!
1. Tips Kelola Tim Marketing: Bentuk Tim Sesuai Kebutuhan

Pertama, Mintale akan membahas tentang anggota tim marketing itu sendiri. Core atau inti tim perlu dijadikan pertimbangan penting sebelum bisa mendapat hasil kerja yang maksimal. Sebagai contoh, kamu perlu membentuk tim marketing kamu dengan spesialisasi tugas masing-masing. Yang perlu menjadi anggota tim marketing brand kamu adalah yang memiliki keahlian dalam bidang pemasaran, seperti ads specialist, online marketer specialist, market analyst, content creator, penulis, dan lain sebagainya. Untuk selanjutnya, Mintale akan membahas tugas-tugas mereka.
Ads specialist berkaitan dengan iklan brand kamu. Mereka berperan penting untuk mengelola iklan brand kamu supaya bisa lebih menjangkau banyak orang. Selanjutnya adalah online marketer specialist. Mereka berbeda dengan ads specialist karena tugas mereka bisa lebih spesifik pada pemasaran online seperti sosial media, web brand, dan lainnya. Lalu ada market analyst. Mereka berkaitan dengan dua tugas sebelumnya yang karena tugas market analyst adalah memastikan bidang atau kondisi pasar yang ada sebelum menjalankan iklan dan pemasaran online brand. Selanjutnya content creator dan penulis. Mereka bekerja sama di dalam pengelolaan konten. Content creator bertugas dalam konten foto atau video, penulis bertugas untuk mengelola isi konten, script, dan lain sebagainya.
2. Tips Kelola Tim Marketing: Pembagian Tugas

Setelah membahas tentang anggota dari tim marketing, Mintale akan membahas alasannya yang berkaitan dengan pembagian tugasnya, nih. Adapun alasannya adalah kamu perlu membuat pembagian tugas yang lebih spesifik bila ingin mendapat pemasaran yang lebih efisien. Kenapa harus memiliki core anggota sesuai spesialisasi mereka? Hal ini bertujuan agar pemasaran dilakukan dengan terarah, jadi tugas mereka tidak tercampur aduk dan bisa lebih fokus, lebih maksimal dalam menjalankan tugas mereka.
3. Tetapkan Jadwal Pertemuan Rutin

Terakhir kamu perlu menetapkan jadwal pertemuan rutin, nih. Pertemuan rutin bukan hanya berkaitan dengan membahas tugas-tugas mereka saja, loh. Namun, hal yang tak kalah penting adalah membahas insight masing-masing anggota tim marketing. Ada kalanya mereka memiliki pendapat atas tugas yang mereka jalani, seperti perbaikan cara kerja, kelemahan atau kekurangan kinerja selama ini, dan lain sebagainya. Hal itu penting untuk dibahas agar pemasaran brand kamu tidak berhenti berkembang ke arah yang lebih baik.
Nah, itu dia nih tentang cara paling efisien untuk mengelola tim marketing brand kamu supaya bekerja secara lebih terarah. Kamu perlu mengatur hal-hal pokok terlebih dulu supaya tidak mengalami kesalahpahaman. Jika kamu masih kesulitan di dalam mengelola tim marketing, kamu bisa, loh meminta bantuan tim professional. Tim Ourtale menyediakan berbagai jasa marketing yang tentu bisa membantu kamu menyelesaikan masalah brand yang kamu punya. Jadi, segera hubungi Tim Ourtale, ya!