September 19, 2023

Pastinya Utopians udah gak asing sama live TikTok produk UMKM bakpia kukus tugu jogja yang seru, kan? Host-nya pake blangkon bakpia, yang bikin banyak orang penasaran untuk nonton siarannya dan akhirnya beli bakpia.

Kenapa sih hostnya pakai blangkon bakpia? Nah, menurut data dari We Are Social, jumlah pengguna media sosial itu ada 167 juta orang pada Januari 2023. Gokil, kan? Ini setara dengan 60,4% penduduk Indonesia.

Jadi, bakpia kukus tugu jogja memanfaatkan live Tik Tok buat naikin traffic dan reach di media sosial. Lantas, seberapa berpengaruh sih media sosial buat promosiin brand dan ningkatin brand awareness kamu Utopians?

Keterlibatan dan interaksi

Lewat media sosial, UMKM bisa langsung ngobrol sama pelanggan nih. Bisa dari komen, chat pribadi, tanya-jawab, sampai siaran live. Hal tersebut bisa bikin pelanggan makin percaya dan lebih setia sama brand. Nah, kalau udah akrab, hubungan antara brand dan pelanggan akan semakin erat.

Kesadaran merek (brand awareness)

Utopians, media sosial punya peluang bagus buat bikin orang tahu lebih banyak tentang brand kamu. Melalui konten yang menarik dan kreatif dari content creator secara rutin, bisnis dapat meningkatkan brand awareness dan lebih dikenal sama calon pelanggan. Nah, kalau orang terus-terusan lihat dan obrolin brand kamu di media sosial, itu bisa bikin mereka jadi makin kenal dan dekat sama brand kita loh!

Membangun kepribadian dan identitas merek

Utopians, melalui media sosial, kamu dapat menunjukkan kepribadian dan keunikan brand kamu melalui konten visual, gaya bicara, dan obrolan. Dari situ, kedekatan kamu dengan pelanggan dapat lebih erat.

Pemasaran dan promosi

Di media sosial, kamu dapat mempromosikan produk atau layanan kamu secara keren ke banyak orang. Selain itu, kamu juga bisa buat acara atau promosi untuk menjangkau lebih banyak orang. Hal tersebut juga dapat membantu kamu memperkuat nilai dan pesan brand kamu ke pelanggan yang paling relevan.

Analisis dan insight

Media sosial mempunya alat analitik yang membantu bisnis dapat tahu gimana performa kinerja bisnis tersebut. Dari jumlah followers, komentar, hingga berapa banyak produk yang terjual, semuanya bisa dianalisis. Nah, dari situ Utopians bisa tahu apakah strategi bisnis kamu oke atau enggak dan ganti hal-hal yang perlu agar brand kamu makin ngetren.

Biaya rendah

Beriklan di media sosial seringkali lebih hemat biaya daripada iklan di koran atau TV. Jadi, Utopians yang tengah memulai usaha tapi budgetnya pas-pasan tetap bisa melakukan pemasaran digital dengan membuat dan menyebarkan konten yang menarik. 

Ekspansi pasar

Lewat media sosial, kamu dapat menyapa dan dapetin perhatian calon pelanggan dari mana aja, gak hanya di sekitar tempat kamu aja. Hal tersebut dapat menjadi peluang kamu loh dalam menjual produk kamu ke pasar yang lebih luas.

Mengikuti perkembangan tren dan wacana

Kalau kamu aktif nimbrung di media sosial yang lagi viral, kamu dapat menunjukkan bahwa bisnis kamu punya keterlibatan dalam isu-isu yang penting buat pelanggan kamu. Jadi, mereka bisa melihat kamu sebagai brand yang gak hanya cuma bisnis biasa, tetapi juga peduli sama masyarakat yang terlibat dalam isu tersebut.

Konten relevan dan berkualitas

Lewat media sosial, bisnis kamu dapat menghasilkan konten yang bermanfaat dan menarik bagi pelanggan, kamu bisa bangun reputasi pada brand kamu yang buat pelanggan percaya pada kamu. Di media sosial, kamu bisa ceritain kisah-kisah seru di balik brand kamu, melalui gambar, video, dan konten yang menarik. Nah, buatlah cerita yang lebih dalam dan emosional, biar pelanggan bisa nyambung sama brand kamu dan membantu membedakan dari kompetitor.

Adapting to modern consumer behavior

Di zaman digital sekarang, masyarakat akan mencari tahu dulu brand lewat online sebelum memutuskan untuk membeli produk. Nah, kalo media sosial punya posisi yang kuat, memungkinkan brand bisa bertemu pelanggan di mana saja.

Intinya, media sosial itu alat ampuh buat branding dan cocok untuk bisnis UMKM. Media sosial bisa bikin brand dikenal luas, bisa interaksi langsung dengan pelanggan, dan peluang buat ningkatin value brand. Jadi, jangan ragu buat manfaatin media sosial untuk bisnis kamu ya Utopians!

Jika Utopians kesusahan untuk mengelola media sosial, di Ourtale, kamu bisa konsultasi strategi branding dan marketing secara GRATIS, loh! Cek informasinya di Instagram ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *