15 Istilah-Istilah Marketing Ini Perlu Kamu Tahu! - Ourtale Blog

June 30, 2024

Sebagai digital marketer, kamu perlu tahu, nih istilah-istilah marketing yang saat ini banyak digunakan. Kenapa demikian? Istilah-istilah marketing itu berfungsi sebagai ‘bahasa bisnis’. Jadi, ketika berbisnis, kamu perlu mengetahui artinya agar kinerja kamu tidak terganggu. Lalu, apa saja istilah-istilah marketing yang sering ditemui itu? Mintale akan jelaskan beberapa istilah marketing di dalam artikel ini. Jadi, simak artikel berikut, ya! 

1. Istilah-Istilah Marketing: Landing Page

https://blog.ourtale.id/2024/06/25/iklan-ipad-dan-samsung-tab-bersambung-ini-penjelasannya/
Ilustrasi Landing Page

Landing page ini merupakan website milik brand kamu. Visual, copywriting, hingga isi konten jadi bagian-bagian dari landing page ini. Landing page ini memiliki fungsi juga, loh. Fungsinya adalah untuk meningkatkan interaksi dengan customer.

2. Istilah-Istilah Marketing: Niche

Niche adalah istilah untuk target pasar. Jika kamu memiliki brand dan memiliki target customer yang khusus, itulah niche

3. Bounce Rate

Jika kamu memiliki website, kunjungn website customer adalah bounce rate. Banyaknya kunjungan itu dihitung dengan istilah bounce rate. 

4. CTA

CTA adalah kependekan dari call to action. Jadi, CTA menjadi kalimat yang mengarahkan customer untuk melakukan sesuatu. Contohnya, melakukan klik, mengunjungi website, atau memesan produk. 

5. CTV

CTV adalah kependekan dari call to value. Yakni penawaran yang diberikan brand ketika seseorang melakukan sesuatu. Sebagai contoh, jika brand mengarahkan customer untuk membeli barang, customer akan mendapatkan diskon khusus. 

6. Reach

Reach adalah istilah untuk jumlah orang yang melihat iklan brand. Jika beriklan, pasti ada jumlah pelihat yang menggambarkan seberapa besar jangkauan iklan sampai ke customer dan itulah reach

7. KPI

Kegiatan bisnis pasti memiliki jangkauan besarnya performa. Nah, jangkauan atau besarnya performa bisnis ini adalah KPI, Utopians atau key performance indicator

8. KOL

KOL adalah key opinion leader. KOL sendiri adalah seseorang yang memiliki jumlah audiens yang besar. Brand dan KOL bekerja sama dalam hal membantu marketing brand

9. UI UX

UI, user interface adalah visual website. Lalu UX adalah user experience, yaitu pengalaman pengguna setelah mengunjungi website

10. PPC

PPC adalah pay per click, yakni pembayaran yang dilakukan setelah ada jumlah klik iklan yang dikunjungi customer

11. Campaign

https://blog.ourtale.id/2024/06/25/iklan-ipad-dan-samsung-tab-bersambung-ini-penjelasannya/
Ilustrasi Campaign

Campaign adalah strategi promosi brand. Strategi ini memiliki banyak kegiatan, baik itu yang dilakukan secara offline ataupun online

12. SEO dan SEM

SEO adalah search engine optimization, yaitu optimalisasi website untuk bisa tampil di halaman pertama pencarian Google. Sedangkan SEM adalah search engine marketing, yaitu strategi beriklan dengan Google setelah mengoptimalisasi website

13. Engagement 

Engagement berkaitan dengan jumlah penonton, interaksi ketika kita mengunggah suatu konten di akun official brand

14. Brand Activation

https://blog.ourtale.id/2024/06/25/iklan-ipad-dan-samsung-tab-bersambung-ini-penjelasannya/
Ilustrasi Brand Activation

Brand activation ini adalah kegiatan promosi berdasarkan pengalaman. Jadi ketika kegiatan marketing dijalankan oleh orang atau tim dengan pengalaman tinggi, itulah yang disebut brand activation. 

15. Soft Selling dan Hard Selling

Soft selling adalah pendekatan marketing yang tidak secara terang-terangan melakukan promosi. Hard selling sendiri adalah kegiatan promosi yang jelas dan terbuka supaya orang lain membeli tawaran brand.

Ada banyak istilah di dunia marketing, bukan? Jika kamu kesulitan memahami istilah-istilah tersebut, kamu bisa minta tolong ahli untuk urusan marketing kamu, loh. Tim Ourtale siap membantu kamu sebagai tim marketing. Jadi, segera kontak Tim Ourtale, ya!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *