Di dalam pemasaran, kamu perlu pengaturan biaya, nih Utopians. Karena hal itu, Mintale akan jelaskan pentingnya marketing budget plan di artikel yang satu ini, nih. Apa saja hal yang membuat budget plan ini sangat penting, sih? Tentunya, semua ini berkaitan dengan runtutan pemasaran dari brand kamu, nih. Jadi, simak artikel berikut ini sampai akhir, ya!
1. Pentingnya Marketing Budget Plan: Rancangan Marketing
Pertama, budget pemasaran perlu dirancang untuk plan marketing brand kamu ke depannya hendak dibuat seperti apa. Jika rancangan pemasaran sudah ditentukan, kamu juga harus merancang biaya yang dibutuhkan, nih. Sebagai contoh, kamu pasti perlu biaya untuk pemasaran seperti sample produk, selebaran, dan lain sebagainya, jika kamu memiliki rencana pemasaran secara offline. Jika rencana pemasaran kamu adalah dilakukan secara online, kamu juga tetap harus mengatur marketing budget, loh. Untuk pemasaran online, kamu perlu biaya untuk iklan digital atau kolaborasi. Untuk kedua hal ini, akan Mintale jelaskan di bagian selanjutnya.
2. Pentingnya Marketing Budget Plan: Model Brand Campaign
Nah, karena pemasaran bisa dilakukan secara online atau offline, budget pemasaran jadi berbeda-beda, Utopians. Pasalnya, pemasaran offline memiliki potensi lebih besar membutuhkan lebih banyak dana karena dilakukan secara langsung, face to face, dan membutuhkan properti atau tenaga tambahan. Oleh karenanya, kamu perlu mengatur, model brand campaign kamu. Kamu perlu melihat berapa budget marketing yang kamu punya. Jika memiliki budget besar, kamu bisa memilih memakai pemasaran secara offline sehingga audiens bisa secara langsung mengetahui produk brand yang kamu tawarkan.
3. Pentingnya Marketing Budget Plan: Penayangan Iklan
Lalu, bagaimana jika budget pemasaran kurang? Ada cara yang bisa kamu lakukan, nih Utopians. Cara itu adalah memilih opsi marketing online. Marketing online sangat beragam. Kamu bisa memanfaatkan pemasaran media sosial yang low budget. Pemasaran media sosial lebih membutuhkan sedikit biaya jika kamu membuat konten dengan trik-trik tertentu. Contohnya, jika kamu punya skill editing, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengedit foto atau video hanya bermodal aplikasi editing yang kamu punya. Selain itu, ada juga platform AI yang kini tersedia untuk membantu kamu membuat konten, loh. Nah, untuk mendapatkan konten yang sesuai kemauan dan hasil yang bagus, kamu mungkin akan dihadapkan dengan pembayaran platform atau aplikasi, nih Utopians. Jadi, aturlah budget marketing untuk hal itu.
Lalu, ada juga pemasangan iklan di platform seperti Facebook Ads. Di platform ini, ada opsi yang membuat kamu lebih bisa memilih. Mereka menawarkan penayangan iklan dengan budget yang beragam. Jadi, kamu bisa menyesuaikan pilihan iklan sesuai budget yang kamu punya, nih.
4. Rencana Kolaborasi Brand
Pemasaran selanjutnya, jika kamu memiliki rencana kolaborasi, seperti kolaborasi dengan KOL, influencer, dan lainnya, kamu perlu menyiapkan dana juga, nih. Jadi, jika plan marketing brand kamu adalah dengan berkolaborasi, pastikan kamu menyiapkan dana marketing untuk hal tersebut.
Jika kamu bingung dengan plan marketing atau budget plan brand kamu, Tim Ourtale bisa membantu kamu, loh. Kami sediakan banyak jasa marketing yang cocok untuk membantu kamu menyelesaikan masalah. Langsung hubungi Tim Ourtale, ya!