Bisnis menjadi cakupan industri yang luas, yang kaya akan istilah. Brand recall vs brand awareness, menjadi dua istilah yang sering ditemui di dunia bisnis. Keduanya memiliki artian yang mungkin bisa membuat bingung orang awam. Nah, untuk itu, Mintale mau jelaskan, nih. Apakah brand recall dan brand awareness itu sama? Selengkapnya, simak artikel berikut ini, Utopians.
1. Brand Recall Vs Brand Awareness: Artian
Brand recall adalah kemampuan audiens mengingat suatu merek yang tak perlu bantuan eksternal saat memikirkan kategori suatu produk, Utopians. Brand recall lebih menunjukkan kekuatan emosional dan keterikatan konsumen terhadap suatu merek. Sebagai contoh, jika seseorang menyebut kata ‘sabun cuci piring’, orang lain akan langsung teringat merek Sunlight.
Lalu, brand awareness adalah kemampuan audiens mengenal suatu merek. Mulai dari logo, tagline, atau simbol yang berkaitan dengan suatu produk bisa dikenal dengan baik. Contohnya, saat tertulis kalimat ‘Just do it‘, maka seseorang mengenalinya sebagai tagline dari brand Nike.
Nah, yang menjadikan keduanya mirip adalah di bagian brand awareness, ada istilah top of mind awareness, yakni merek pertama yang muncul di benak konsumen ketika mereka memikirkan suatu produk. Lalu, apa kira-kira yang menjadi pembeda?
2. Brand Recall Vs Brand Awareness: Perbedaan
Perbedaan dua hal ini adalah untuk brand awareness, seseorang memerlukan penyebab. Entah itu logo brand, tagline, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan brand. Nah, hal itulah yang akan membuat seseorang mengenal brand tertentu. Jika tak dipancing dengan simbol-simbol brand, maka seseorang tak spesifik mengenal suatu brand.
Lalu, untuk brand recall, keadaan ketika seseorang mengenali suatu brand tanpa adanya bantuan eksternal. Sebagai contoh, kamu tengah ingin meminum kopi di kala hujan dan kamu langsung terpikir brand GoodDay. Ingatan seseorang yang secara otomatis teringat brand tertentu inilah yang menjadi pembeda brand recall dengan brand awareness.
3. Kesimpulannya
Secara lebih lengkap, Mintale akan menyimpulkannya. Brand awareness lebih berkaitan dengan seseorang mengetahui tentang keberadaan suatu merek. Sedangkan brand recall, menunjukkan seberapa mudah seseorang mengingat merek tersebut dari memori mereka.
Nyatanya ada perbedaan yang mungkin tidak terpikir jika hanya dipahami secara sekilas. Dua istilah berbeda tapi mirip, bisa ditemukan, nih di industri bisnis. Hal ini terjadi karena cakupan industri yang luas, bisa menghasilkan istilah-istilah atau padanan kata yang sama luasnya. Jadi, kamu perlu tahu beberapa istilah, Utopians. Hal tersebut berfungsi agar strategi marketing brand kamu bisa diatur secara tepat.
Jika kamu punya masalah atau kebingungan tentang brand, kamu bisa, loh meminta bantuan tim marketing professional. Tim Ourtale menyediakan berbagai jasa marketing, nih. Kami bisa membantu kamu menyelesaikan atau mencari solusi. Kamu bisa kunjungi Instagram atau hubungi langsung Tim Ourtale.