Copywriting brand bisa jadi jurus andalan menarik customer, loh. Oleh karenanya, ini inspirasi copywriting dari berbagai brand. Sebanyak empat brand dari luar negeri ini bisa kamu jadikan inspirasi di dalam proses membuat copywriting, Utopians. Kamu bisa melihat-lihat dan mempelajari cara mereka membuat copywriting yang menarik. Untuk selengkapnya, kamu bisa simak artikel berikut ini.
1. Inspirasi Copywriting: Samsung
Samsung menjadi brand pertama yang akan Mintale bahas. Samsung, sebagai brand elektronik yang sangat besar, telah menghasilkan berbagai produk elektronik. Nah, yang menarik, mereka mengeluarkan produk seri Fold. Pada series ponsel ini, berbeda dengan ponsel kebanyakan, yaitu ponsel yang bisa dilipat. Seperti namanya, Fold, Samsung juga membuat copywriting yang erat kaitannya dengan produk yang mereka keluarkan.
Copywriting dari produk Samsung yang satu ini adalah Unfold Your World. Adapun arti dari copywriting itu adalah membuka lipatan duniamu. Seperti yang kita tahu, ponsel menjadi barang yang begitu penting bagi manusia hingga seakan-akan ponsel adalah ‘dunia’ bagi sebagian orang. Hal itu bisa terjadi karena di dalam ponsel, ada begitu banyak hal penting mulai dari memories, pekerjaan, hiburan, dan lain sebagainya. Untuk itu, Samsung pun membawanya ke dalam copywriting. Mereka bermaksud menunjukkan bahwa ‘dunia’ yang dimiliki seseorang ‘dibuka’ melalui ponsel seri Fold yang akan digunakan.
2. Inspirasi Copywriting: L’Oréal Paris
L’Oréal Paris, memiliki copywriting Walk Your Worth yang artinya tunjukkan nilaimu yang berharga. Kata walk ini merujuk pada kegiatan yang dilakukan oleh L’Oréal Paris. Mereka mengadakan acara runaway dengan menghadirkan berbagai model papan atas. Para model akan menampilkan nilai diri mereka ketika menggunakan produk dari L’Oréal Paris. Lalu kata worth sendiri merujuk pada tagline Because You’re Worth It.
Hubungan antara tagline dan acara yang diadakan oleh L’Oréal Paris ini menghasilkan copywriting yang epik. Mereka tak hanya menampilkan salah satu sisi saja, namun bisa menghadirkan dua hal sekaligus. Melalui acara runaway, para model berjalan untuk menunjukkan nilai berharga diri mereka saat menggunakan produk dari L’Oréal Paris.
3. Inspirasi Copywriting: Porsche
Porsche memakai copywriting yang cukup panjang, yaitu melalui dialog pertanyaan. Honestly now, did you spend your youth dreaming about someday owning a Nissan or a Mitsubishi? Copywriting itu berarti, jujurlah sekarang, apakah kamu menjalani mimpi mudamu yang memiliki Nissan atau Mitsubishi itu?
Nissan dan Mitsubishi sendiri adalah brand yang juga bergerak di industri yang sama seperti Porsche. Adapun tujuan Porsche membuat copywriting itu adalah untuk nostalgia tentang mimpi anak muda. Dan secara tidak langsung, Porsche menggambarkan mimpi anak muda saat ini yang telah mengalami perubahan, yaitu anak muda yang bermimpi memiliki Porsche suatu hari nanti.
4. KFC
Finger lickin’ good berarti menjilati jari. Copywriting itu dipakai untuk menggambarkan seseorang yang selesai memakan ayam KFC. Kebanyakan orang akan menjilati jari mereka setelah memakan ayam karena ada sisa-sisa tepung atau ayam yang tertinggal di sana dan mereka tidak mau melewatkannya. Karena kebiasaan itu, KFC pun menjadikannya sebagai copywriting, yang menggambarkan bahwa produk mereka tidak bisa membuat orang-orang tidak menjilati jari mereka setelah makan.
Itulah beberapa contoh copywriting yang bisa kamu jadikan inspirasi, jika kamu mengalami kendala dalam copywriting brand, kamu bisa kunjungi Instagram atau hubungi langsung Tim Ourtale, Utopians!