Target pasar jadi hal yang penting untuk dipikirkan sebelum memulai bisnis. Di dunia bisnis sendiri, ada yang namanya tren target pasar, loh. Dan melalui artikel ini, Mintale akan bahas tren target pasar yang tengah banyak diperbincangkan. Selain itu, ada juga pembahasan mengenai cara cek target pasar yang sesuai untuk brand kamu. Secara lebih lengkap, Mintale akan jelaskan sebagai berikut.
1. Tren Target Pasar
Dunia digital yang semakin berkembang pesat membuat banyak orang mendapat kemudahan. Namun, tak jarang, ada kesulitan yang dihadapi sebab tidak mengikuti perkembangan digital di masa sekarang. Untuk itu, diperlukan adanya pemahaman tentang tren digital yang ada. Seperti saat ini, ada tren digital yang tengah ramai diperbincangkan, yaitu tren target pasar.
Target pasar mendapat perhatian karena beramai-ramai menyasar salah satu kelompok rentang usia, yaitu generasi Z. Generasi Z menjadi target pasar yang kini menunjukkan kesan positif karena bisa meningkatkan penjualan, Utopians. Melalui data dari Forbes, generasi ini mendominasi di platform TikTok dan menjadikannya kebiasaan pembelian baru. Ada sebanyak 6,2 Miliar pengguna yang meramaikan tagar #tiktokmademebuyit. Untuk pembelian online, ada beberapa platform yang paling banyak digunakan, yaitu YouTube, Instagram, Snapchat, dan TikTok.
2. Cara Cek Tren Target Pasar
Karena penggunaan platform online yang masif, generasi Z menjadi generasi yang menghasilkan tren tersendiri. Mereka menciptakan kebiasaan baru dan menjadikan platform media sosial sebagai platform besar yang tak kalah saing dengan e-commerce dalam urusan pembelian. Adanya tren target pasar itu, kamu perlu mengatur ulang strategi brand kamu, nih Utopians. Karena adanya tren ini bisa membantu brand kamu berkembang lebih baik lagi.
Ada cara yang bisa kamu pakai untuk menganalisis tren target pasar brand kamu, yaitu melalui Google Ads. Di dalam platform iklan ini, kamu bisa mendapat data persebaran iklan. Caranya adalah melalui bagian Insight Finder. Di sana kamu akan menemukan tren industri brand kamu, tren konten, dan tindak lanjut dari insight yang brand kamu dapatkan. Melalui platform ini, kamu tak perlu repot mencari-cari tren insight brand kamu melalui platform lain.
3. Tips
Tips yang bisa kamu pakai dari adanya tren target pasar adalah pastikan strategi pemasaran kamu sesuai dengan target pasar. Generasi Z mengandalkan beberapa platform media sosial, seperti yang dijabarkan sebelumnya, yaitu YouTube, Instagram, Snapchat, dan TikTok. Untuk itu, pastikan brand kamu mengunggah konten di beberapa platform itu untuk memancing target pasar. Buat konten yang relevan, seperti konten dengan bumbu humor, hal-hal viral, dan lainnya, yang menjadi konten paling diminati generasi Z.
Tak perlu khawatir, jika kamu mengalami kesulitan dalam menentukan tren atau mengatur strategi, kamu bisa meminta bantuan Tim Ourtale, loh. Kamu bisa kunjungi Instagram atau hubungi langsung Tim Ourtale. Jadi, tak perlu risau lagi, Utopians!