Brand keywords berkaitan dengan citra merek, Utopians. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui kesalahan penggunaan brand keywords. Tujuannya agar citra merek kamu tidak salah diartikan di mata audiens. Adapun brand keywords ini berkaitan erat dengan copywriting, tagline, dan konten tulisan seperti artikel website, caption, hashtag, dan lain sebagainya. Di artikel kali ini, Mintale mau jelaskan apa saja, sih kesalahan di dalam penggunaan brand keywords? Untuk penjelasan selengkapnya, simak artikel berikut ini ya!
1. Kesalahan Penggunaan Brand Keywords: Tidak Relevan
Kesalahan pertama adalah penggunaan keywords yang tidak relevan, nih. Hal ini bisa terjadi ketika merek kamu menggunakan keywords hanya untuk memenuhi syarat minimal search engine saja. Jika sebatas formalitas seperti ini, dan keywords yang digunakan itu tidak berkaitan langsung dengan merek atau produk kamu, yang terjadi adalah citra brand kamu akan menurun sebab audiens akan menilai bahwa tim marketing kamu bekerja kurang professional.
2. Kesalahan Penggunaan Brand Keywords: Tidak Menunjukkan Brand Voice
Brand voice berkaitan dengan identitas merek kamu, Utopians. Untuk kasus kesalahan penggunaan keywords dalam hal tidak menunjukkan brand voice, ini berkaitan dengan tidak konsistennya merek kamu di dalam penggunaan gaya atau tata bahasa. Jika tidak konsisten atau tidak menunjukkan identitas merek secara langsung, audiens akan bingung dan tidak menangkap ciri khas merek kamu yang bisa jadi merek kamu akan sulit dikenali atau diingat.
3. Kesalahan Penggunaan Brand Keywords: Penggunaan yang Berlebihan
Jika sebelumnya Mintale membahas tentang brand keywords yang tidak relevan dan hanya sebatas formalitas, pembahasan selanjutnya adalah berkaitan dengan penggunaan keywords yang berlebihan. Jika digunakan secara berlebihan, audiens bisa merasa cepat bosan atau akan membuat mereka jengah. Untuk menghindari hal itu, pastikan keywords yang kamu gunakan tidak repetitif dan hanya itu-itu saja tanpa variasi, Utopians.
4. Tidak Ada Keunikan
Selanjutnya, ada masalah tidak adanya keunikan. Jika keywords yang kamu pakai tidak memiliki keunikan, yang ada hanya akan membuat merek kamu bersaing ketat dengan merek-merek secara umum. Gunakan keywords unik agar brand kamu cepat dikenali dan membuat brand kamu lebih unggul dalam urusan search engine, nih. Supaya hal ini tercapai, kamu bisa melakukan riset tentang hal-hal yang disukai oleh target pasar kamu, lalu buat perspektif baru dari hal tersebut.
5. Salah Target Pasar
Jika sebelumnya Mintale menyinggung tentang target pasar, di bagian ini, Mintale akan menjelaskan secara lebih detail tentang kesalahan yang mungkin bisa terjadi, yaitu keywords yang tidak sesuai target pasar. Pastikan kamu menggunakan bahasa yang sesuai target pasar kamu agar mereka bisa mengerti apa yang merek kamu mau sampaikan. Sebagai contoh, kamu menggunakan bahasa gaul khas generasi Alpha hanya karena sedang tren, padahal target pasar kamu adalah generasi Millennial. Bisa jadi mereka tidak paham dengan bahasa atau istilah yang kamu gunakan ini, nih.
Nah, itu dia, Utopians beberapa kesalahan penggunaan brand keywords. Jika kamu mengalami kesulitan dalam urusan brand keywords, kamu bisa, nih meminta bantuan Tim Ourtale. Kami sediakan banyak jasa marketing yang tentu akan membantu merek kamu. Kunjungi Instagram atau hubungi langsung Tim Ourtale, ya!