Selain memperhatikan strategi marketing, kelompok audiens brand juga perlu dipertimbangkan, nih. Untuk itu, kamu perlu mengetahui audiens sesuai brand. Tentukan audiens yang sesuai dengan brand kamu agar pemasaran kamu mendapat hasil yang maksimal. Oleh karena itu, Mintale akan membahas kelompok audiens yang sesuai dengan brand kamu, nih. Simak artikel berikut ini, ya!
1. Audiens Sesuai Brand: Berdasarkan Kesamaan Minat

Pertama, ada kelompok audiens yang berdasarkan kesamaan minat. Minat ini adalah cakupan hal yang menjembatani brand kamu dan calon customer. Sebagai contoh, jika brand kamu adalah brand produk herbal yang bertujuan untuk menunjang kesehatan badan secara alami, kamu bisa mencari audiens dengan kesamaan minat pada hidup sehat. Cari kelompok audiens yang gemar berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat yang alami, bukan junk food, atau audiens yang mau mengubah gaya hidup ke cara yang lebih sehat.
Cara untuk mencari audiens dengan kesamaan minat adalah cari topik tertentu, influencer tertentu, yang memiliki kesamaan bidang dengan brand kamu. Dari kelompok itu, mereka merupakan kelompok audiens yang seperti apa. Jika berbicara tentang produk herbal, cari tahu produk yang seperti apa yang paling banyak dicari. Apakah produk untuk menjaga pola makan, produk dengan bahan alami, atau yang lainnya. Jika produk sudah diketahui, kamu akan bisa menyesuaikan dengan strategi marketing yang akan kamu pakai, nih.
2. Audiens Sesuai Brand: Berdasarkan Usia

Berikutnya, berdasarkan kelompok usia. Kelompok ini adalah kelompok audiens paling banyak digunakan karena lebih umum. Oleh karena itu, kelompok usia menjadi kelompok yang mudah untuk dikategorikan. Sebagai contoh, jika kamu punya produk kecantikan, kamu bisa mengkategorikan usia remaja hingga dewasa. Hal ini terjadi karena pada usia ini, kelompok tersebut banyak yang mencari produk untuk menunjang penampilan mereka. Untuk gender bisa disesuaikan dengan brand kamu, apakah kamu berfokus pada produk untuk lelaki, atau produk untuk perempuan.
3. Berdasarkan Kelompok Tertentu

Ketiga, ada kelompok tertentu. Kelompok tertentu adalah target audiens yang berkaitan dengan pembelian. Ada kelompok yang dikategorikan sebagai pelanggan yang memiliki aksi untuk membeli, dan ada juga kelompok yang dikategorikan sebagai pelanggan pasif. Kelompok yang aktif membeli inilah yang menjadi target audiens kamu. Kamu bisa mencari kelompok audiens berdasarkan kelompok pekerjaan atau yang memiliki tentang penghasilan tertentu sehingga mereka bisa menjadi kelompok pembeli dalam kategori aktif.
Itulah pembahasan mengenai kelompok audiens. Nyatanya, kelompok audiens menjadi pertimbangan yang penting agar marketing brand yang sudah disusun memiliki hasil yang positif. Lalu, bagaimana jika Utopians mengalami kesulitan di dalam menentukan kelompok audiens yang sesuai? Untuk hal ini, kamu bisa meminta bantuan Tim Ourtale. Kami sediakan banyak jasa marketing untuk brand kamu. Jadi, segera hubungi Tim Ourtale untuk konsultasi lebih lanjut terkait masalah brand kamu, ya!