Email Marketing: Efisiensi, Cara Pakai, dan Efektivitasnya - Ourtale Blog

December 10, 2024

Utopians pasti tahu bahwa ada banyak cara marketing brand, bukan? Di artikel kali ini, Mintale akan membahas tentang email marketing. Email marketing ini jadi salah satu strategi marketing yang menarik untuk dibahas karena memiliki target pasar yang jelas atau direct. Untuk lebih lengkapnya, Mintale akan membahas efisiensi, cara pakai, dan efektivitas email marketing untuk sebuah brand, nih.

1. Email Marketing: Efisiensi

Cara Pakai, dan Efektivitasnya - Ourtale Blog
Ilustrasi Email Marketing

Hal pertama yang akan Mintale bahas adalah efisiensi dari email marketing, Utopians. Efisiensi yang pertama adalah terkait dengan otomatisasi. Cara bisa menghemat waktu pemasaran kamu. Jika dilakukan dengan cara yang tepat, marketing brand kamu akan dengan segera disebar ke target pasar brand kamu melalui email, nih. Dengan hal tersebut, kamu bisa menghemat waktu pemasaran dari brand kamu. Hal ini akan sangat membantu jika kamu memiliki waktu yang sempit di dalam mengenalkan kampanye baru dari brand kamu. 

Selanjutnya, selain terkait dengan otomatisasi, efisiensi lain dari strategi marketing ini adalah biaya yang rendah. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memasang iklan di televisi, radio, atau di media massa lain seperti media sosial. Dengan pemasaran yang direct seperti marketing melalui surel, pemasaran brand kamu akan sampai tanpa perantara lain yang menghalangi. Hanya dengan memanfaatkan email, kamu bisa menyebarkan pemasaran, kampanye, atau promosi brand kamu dengan cepat dan tanpa biaya tambahan untuk membayar platform seperti sponsorship di televisi, radio, atau influencer di media sosial. 

2. Email Marketing: Cara Pakai

Cara Pakai, dan Efektivitasnya - Ourtale Blog
Ilustrasi Email Marketing

Untuk cara pakainya, pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan email pelanggan kamu. Di saat mereka melakukan order melalui platform atau website khusus brand kamu, pastikan mereka mendaftarkan diri dengan email pribadi mereka. Jika sudah, kamu bisa melakukan segmentasi pelanggan. Dari sekian banyak orang yang membeli produk kamu, berapa banyak dari mereka yang menjadi pelanggan tetap atau mana yang sekiranya memiliki ketertarikan lebih pada produk kamu. Setelahnya, kamu bisa mengumpulkannya ke dalam data broadcast marketing melalui surel brand kamu. Bangun konten menarik dan manfaatkan tools otomatisasi yang bisa memudahkan kamu mengontrol pengiriman email ke berbagai pelanggan di satu waktu tanpa masuk ke area spam email pelanggan.

Jika email sudah terkirim, hal kedua yang harus kamu pastikan adalah evaluasi. Cari tahu berapa banyak email yang sampai ke pelanggan. Berapa banyak dari mereka yang melakukan klik ke pesan brand kamu dan melihat apa yang brand kamu coba sampaikan.  

3. Efektivitasnya terhadap Brand

Cara Pakai, dan Efektivitasnya - Ourtale Blog
Ilustrasi Email Marketing

Efektivitas dari pemasaran ini adalah kamu bisa mendapat tingkat konversi dan ROI yang tinggi. Mereka bisa melihat langsung apa yang brand kamu tawarkan dan sebagai gantinya, pelanggan yang tertarik bisa melihat detail dari apa yang kamu tawarkan. Mereka pun akan menghargai tawaran brand kamu dengan mengikuti apa yang brand kamu punya untuk mereka. 

Nah, itu dia penjelasan tentang marketing melalui surel mulai dari efisiensi, cara pakai, dan efektivitasnya terhadap brand. Ada masih banyak lagi tentang marketing brand yang bisa kamu pakai. Jika kamu mau punya strategi marketing tertentu, kamu bisa konsultasikan hal tersebut ke Tim Ourtale, Utopians. Kami sediakan banyak jasa marketing yang tentu bisa membuat brand kamu lebih unggul. Jadi, segera hubungi Tim Ourtale ya!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RELATED POSTS